MENGAPA DOMAIN PENTING UNTUK BISNIS ?

MENGAPA DOMAIN PENTING UNTUK BISNIS ?

Halo sahabat semua, ketemu lagi sama saya, Gilang Ramadhan, di blog Santri Realistis. Pada Artikel kali ini, saya akan bahas topik yang amat berhubungan dengan Dunia Online, yaitu Pengaruh Domain pada Sistem Marketing Bisnis Online.

Jika dahulu, manusia ingin berbelanja harus berjalan dengan jarak tempuh sekian kilo meter, dan itu sangat membutuhkan waktu yang terbilang lama dan lambat. Berbeda halnya dengan hari ini, hanya dengan  menggeserkan jari jemari saja sudah bisa memilih barang yang diinginkan bahkan bisa langsung nego harga dan dibalas pada waktu itu juga, Inilah yang kita sebut dengan “Revolusi Industri 4.0”. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap individu hari ini bisa dengan mudah dilakukan bahkan sambil tiduran di kamar pun sudah bisa berbelanja sepatu, kaos, kemeja, koko atau bahkan semua kebutuhan santri di Pesantren hanya dengan membuka smartphone. Industri 4.0 menggunakan komputer dan robot sebagai dasarnya, adapun kemajuan yang paling terasa adalah kemajuan dunia internet.

Toko-Toko, Rumah Makan, Perusahaan bergedung tingkat, bahkan Lembaga-Lembaga Institusi Pendidikan kini sudah mempunyai jelmaan selain di dunia nyata, yaitu di Dunia Maya (Online) berupa Website Professional dengan jangkauan geografis yang amat sangat luas melebihi bentuk fisiknya. Bahkan para Pebisnis kini banyak beralih dan membuka jangkauan baru melalui jejaring media online dengan membuat website professional.

Ketahuilah, hal Pertama yang harus anda lakukan sebelum membuat website adalah dengan mempersiapkan konsep website sebaik mungkin karena tanpa konsep yang jelas sebuah website ataupun toko online tidak akan mendatangkan apapun bagi anda. Selain itu, yang harus anda perhatikan adalah pilih Alamat Web (Domain) yang akan digunakan agar orang mudah mengakses Website tersebut. Setelah itu, Tentukan Web hostingmu, yaitu sebuah layanan menyimpan file untuk web atau online shop yang akan anda buat. Dengan menggunakan jenis layanan seperti ini, secara otomatis file-file yang akan dibuat pada website akan tersimpan di perusahaan penyedia layanan tersebut. Saat ini, ada banyak pemberi Layanan Web Hosting di Indonesia, salah satunya adalah Rumah Web Indonesia.

Didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta, Rumah Web Indonesia tumbuh menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang kini melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan. Berawal dari 1 server, kini Rumah Web telah memiliki lebih dari 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud.

Nama Domain bagi bisnis online itu sama halnya dengan nama seorang manusia di Dunia Nyata. Sangat penting bagi anda  yang ingin membuka bisnis online untuk memikirkan dan memilih nama Domain yang cocok bagi website anda, baik itu perusahaan maupun website pribadi. Nama domain atau biasa juga disebut dengan alamat website, URL seperti Santrirealistis.com, Rumahweb.com, adalah sebuah nama untuk website yang bertujuan mempermudah para pengguna internet dalam mengakses komputer server. Adapun, nama domain untuk sebuah website berfungsi menggantikan nomor server yang pada aslinya merupakan sebuah deretan angka yang cukup panjang dan rumit. bagi pelaku bisnis internet, nama domain biasanya dibuat dengan seunik mungkin, tidak ada yang menyamai dan diberikan untuk website yang terhubung dengan jaringan internet.

Anda bisa pesan dengan mudah nama Domain unik dan menarik untuk kebutuhan website di “Rumah Web Indonesia”.

Nama Domain sangat berperan bagi bisnis online dan harus disiapkan oleh pelaku bisnis online sebelum memulai bisnis di internet yang pastinya perlu dipikirkan dengan baik. Nama Domain tidak boleh disepelekan karena bisa mempengaruhi banyak hal dalam perkembangan website online. nama domain akan berdampak pada kesan orang yang membaca dan mendengarkan serta kemudahan dalam menuliskan dan mengingatnya.

Secara Psikologis, nama Domain berdampak bagi Customer Pada Sistem Marketing Bisnis Online :

1. hal pertama yang memberikan sebuah kesan positif atau negatif kepada prospek serta target market bagi orang yang pertama kali mengunjungi dan menemukan website online anda.

2. menjadi sebuah faktor penting yang memberikan kemudahan bagi orang yang peduli terhadap bisnis online. misalnya kemudahan dalam menuliskan, mengingat, dan kesediannya untuk merekomendasikan nama domain anda kepada orang lain.

Menurut Prof. Dr. KH. M Fajar Laksana, SE., CQM., MM., Ph.D., pada Buku Best Sellernya berjudul ‘Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis’ yang diterbitkan oleh Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta Tahun 2008 bahwa “Merk adalah suatu nama, istilah, tanda, lambang, atau disain, ataupun gabungan semua yang diharapkan mengidentifikasikan barang atau jasa dari seseorang, penjual, atau sekelompok penjual, dan diharapkan akan membedakan barang atau jasa dari produk pesaing”.

Adapun Manfaat Merek bagi Penjual  :

a. Nama merek memudahkan penjual untuk mengolah pesanan-pesanan dan menekan permasalahan.

b. Nama merek dan tanda dagang secara hukum akan melindungi penjual dari pemalsuan ciri-ciri produk, karena bila tidak demikian, maka setiap pesaing akan meniru produk yang telah berhasil di pasaran.

c. Merek memberi penjual peluang kesetiaan konsumen pada produk.

d. Citra Perusahaan dapat dibina dengan adanya merek yang baik, dengan membawa nama perusahaan, merek ini sekaligus mengiklankan kualitas dan besarnya perusahaan.

Dengan kemajuan teknologi informasi, kini website sangat penting, terutama dalam berbisnis. Karena sekarang semua orang sibuk memegang smartphone atau laptop-nya, mereka mengandalkan situs pencarian dalam mencari informasi terkait apapun. Selain itu, kini segalanya serba internet. Anda akan kesulitan jika tidak memanfaatkan teknologi ini.

Maka Fungsi utama dari nama Domain yang berperan penting dalam kesuksesan sebuah bisnis adalah Memperkenalkan Produk atau Jasa kepada masyarakat luas terutama informasi terbaru mengenai produk dan jasa tersebut, Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan, Menunjukkan Profesionalisme yang dapat menarik kepercayaan konsumen, Media Pemasaran yang efektif untuk menjaring konsumen baru, Memudahkan proses pemesanan dan penyimpanan data hingga proses transaksi, dan masih banyak lagi.

Sebagai Contoh, Ketika anda mendengar kata ‘Rumah Web’, maka akan terbayang sebuah perusahaan domain dan hosting dengan harga dan support sangat terbaik, tentunya sangat cocok di kantong anda.

Nah, seperti itulah fungsi Domain dalam proses Branding. Ketika orang mendengar nama domain dari Brand Anda, akan langsung teringat tentang produk atau perusahaan yang Anda jalankan.

Demikian artikel dari ana tentang Domain Mempengaruhi Psikologi Customer Pada Sistem Marketing Bisnis Online. Semoga bisa memberikan sudut pandang baru supaya brand bisnis Anda lebih maju dan berkembang. Sekian, Terima Kasih..

Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Penulis adalah Tutor Bahasa Asing, Pewarta sukabumiNews.net, Content Creator Posciety.com, Relawan Santrimengglobal.com, dan Founder Santrirealistis.com. Hobinya sederhana, Explore Euforia Alam Bebas (Adventure), Travelling Keliling Kota dan Mencicipi Kuliner Khas Daerah. Salam Lestari, Salam Literasi, dari Santri Sukabumi.

2 thoughts on “MENGAPA DOMAIN PENTING UNTUK BISNIS ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *