HANTARAN PENGANTIN UNIQ DAN EKSOTIS DARI JERAMI PADI

HANTARAN PENGANTIN UNIQ DAN EKSOTIS DARI JERAMI PADI
Beberapa Siswi SMK Islam Al Qudsyiah menunjukan Hasil Kerajinan dari Jerami Padi

SANTRIREALISTIS.COM – Meskipun di musim pandemi, para pejuang akademik dan pejuang pemberdayaan masyarakat ini tidak kehabisan akal dalam mengangkat harkat dan martabat hidup masyarakat pedesaan.

Di Sukabumi, tepatnya di SMK Islam Alqusyiah pada Rabu, 30 Juli 2021 Pukul 08.30 WIB s/d 12.00 Siang Kemarin telah dilaksanakan kreasi pembuatan Hantaran Pengantin yang Uniq dan Eksotis berbahan Jerami Padi. Alhasil, ide kreatif Tim Pengabdian para Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini menjadi benar-benar unik, artistik dan memiliki nilai ekonomi tinggi yang ramah dan sejuk bagi lingkungan sekitar.

Salah satu Masyarakat PKK sedang membuat ring hantaran pengantin

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai dasar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari program kerja LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Uiversitas Negeri Jakarta Tahun 2021.

Kegiatan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang cukup ketat, sesuai peraturan PSBB yang berlaku saat ini. Pasca acara PPM Dosen UNJ ini setiap peserta webiner dan pelatihan mendapat 2 Program acara yaitu kegiatan webinar yang bersifat konsep tentang pentingnya keterampilan hidup (Life Skill) dan praktik pelatihan pembuatan hantaran dilokasi Penelitian Pengabdian Masyarakat. Peserta yang menjadi sasaran adalah ibu-ibu PKK di Sukabumi.

Ketua dari Kegiatan tersebut, Dr. Karnadi dan Pemandu di Lapangan Prof. Dr. Durotul Yatimah, M.Pd dan Solihin, M. Pd. “Kegiatan ini memiliki tujuan sangat mulia yaitu pengabdian pada masyarakat untuk meningkatkan kehidupan ekonomis Ibu ibu PKK di sukabumi melalui pembimbingan pembuatan hantaran pengantin berbasis keunggulan lokal (Jerami Padi )” Ujar salah satu Dosen Pemandu di Lapangan, Prof.Dr. Durotul Yatimah, M.Pd.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh melimpahnya bahan dasar jerami yang tidak maksimal dimanfaatkan sehingga munculah ide kreatif uniq dan berbasis lingkungan yaitu Hantaran Pengantin dari bahan Limbah Jerami padi.

Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Penulis adalah Tutor Bahasa Asing, Pewarta sukabumiNews.net, Content Creator Posciety.com, Relawan Santrimengglobal.com, dan Founder Santrirealistis.com. Hobinya sederhana, Explore Euforia Alam Bebas (Adventure), Travelling Keliling Kota dan Mencicipi Kuliner Khas Daerah. Salam Lestari, Salam Literasi, dari Santri Sukabumi.